Home » Dosen Pengajar

Dosen Pengajar

Sebagai program studi vokasi di bidang pertelevisian dan film, Prodi FTV memiliki sejumlah dosen pengampu yang memiliki latarbelakang sebagai praktisi berpengalaman dan juga berlatarbelakang pendidikan magister di bidangnya.

Budiman, Drs.,MM.Pd, dosen senior Fakultas DKV Widyatama yang sudah mengajar sejak tahun 1999 yang juga adalah salah satu pendiri Fakultas DKV. Latar belakang pendidikan yang ditempuh yaitu S1 Desain Grafis ITB dan S2 Manajemen Pendidikan Universitas Islam Nusantara Bandung. Kang Budiman demikian nama panggilannya, memiliki pengalaman panjang sebagai pengelola pendidikan tinggi di Universitas Widyatama. Tahun 1999 pernah menjabat sebagai Kaprodi Desain Grafis. Tahun 2014 menjabat sebagai Wakil Dekan DKV, dan pada tahun sejak tahun 2019 menjabat sebagai Kaprodi Film & TV. Selain itu, Kang Budiman juga memiliki sederet pengalaman profesional sebagai desainer grafis dan ilustrator. Di Fakultas DKV Kang Budiman dipercaya mengajar mata kuliah ilustrasi, nirmana dan rumpun keilmuan tata artistik. Tercatat sebagai Kaprodi FTV pertama dengan masa jabatan tahun 2020 – 2021.
Atalia Praratya, SE, M.Ikom. Namanya tentu saja sudah sangat dikenal di publik Jawa Barat sebagai istri Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Ibu Atalia RK bergabung di prodi FTV bersamaan dengan dibukanya prodi baru tersebut pada tahun 2020. Atalia Praratya Kamil dilahirkan di Bandung pada 20 November 1973. Ia menempuh pendidikannya di Bandung dari mulai SD hingga kuliah. Ia lulus dari SMAN 5 Bandung dan melanjutkan pendidikannya di Fakultas Ekonomi Universitas Padjajaran (UNPAD) dan S1 Fakultas Imu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Parahyangan. Ia berhasil menamatkan gelar masternya dan menjadi lulusan terbaik di Program Magister Ilmu Komunikasi Universitas Pasundan dengan IPK 3,67. Di Prodi FTV Ibu Atalia berstatus sebagai dosen tetap dan mengajar mata kuliah Public Speaking dan beberapa mata kuliah yang sesuai dengan keahliannya.
Della Dwinanti Sumpena, S.T.Sn., M.Sn., adalah dosen tetap Prodi FTV Widyatama yang memiliki latarbelakang pengalaman di industri perfilman nasional khususnya di bidang manajemen produksi film di beberapa produksi film pendek (Short Movie) dan sejumlah film independen. Wanita kelahiran Bandung, 10 Juni 1992 ini berlatarbelakang pendidikan D4 atau Sarjana Terapan Film dan Televisi dan Magister Pengkajian dan Penciptaan Seni di Institut Seni Budaya Indonesia Bandung (ISBI). Di Prodi FTV Fakultas DKV Universitas Widyatama, Ibu Della mengajar sejumlah mata kuliah di bidang perfilman diantaranya Videografi dan Penulisan Skenario.
Ibrahim Adi, S.Sn, M.Sn,adalah dosen tetap di prodi FTV Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik Universitas Widayatama, yang memiliki latar belakang pengalaman sebagai seorang “Sound Engineer”. Saat ini masih aktif mengerjakan produksi audio di bidang film maupun di bidang musik. Pria kelahiran Bandung 1985 ini mempunyai latar belakang Pendidikan S1 Karawitan dan magister seni di Institut Seni Budaya Indonesia Bandung (ISBI). Mata kuliah yang diampu di Prodi FTV diantaranya Audio, Olah Suara, Ilustrasi Musik, Sosial Budaya.
Kenmada Widjajanto, S.Sos, M.Ikom, adalah dosen tetap di Prodi FTV Fakultas Ilmu Sosial & Il;mu PolitikĀ  Universitas Widyatama, yang memiliki latarbelakang profesi sebagai seorang broadcaster dan TV Jurnalist di stasiun ANTV selama 17 tahun. Pengalamannya di industri televisi sejak tahun 1995 menjadi seortang reporter hingga 2011 menjadi Manajer Departemen Current Affairs dan News Production. Pria kelahiran Cianjur ini merupakan alumni Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjran untuk S-1 dan Magister Ilmu Komunikasi. Sejak 2012 hingga saat ini, Kenmada juga berprofesi sebagai “creative director” dan “producer” serta penulis naskah profesional dan bekerja secara “freelance”. Di Prodi FTV, Kenmada mendapat tugas mengampu sejumlah mata kuliah diantaranya penulisan naskah, Industri dan Manajemen TV, dan Riset Industri TV. Tercatat sebagai Kaprodi ketiga dengan masa bakti tahun 2022 – 2025.
Agus Hakim, S.Sn, M.Sn, adalah dosen tetap di Fakultas DKV Widyatama yang memiliki latarbelakang sebagai praktisi perfilman dengan sederet pengalaman produksi film sebagai penata artistik, sutradara dan penulis naskah film sejak tahun 1987. Pria kelahiran 1968 ini memiliki latarbelakang pendidikan D-3 Akademi Seni Tari Indonesia (ASTI) Bandung, S-1 dari Sekolah Tinggi Seni Indonesia (STSI Bandung) dan S-2 dari ITB di bidang Desain Komunikasi Visual. Di Fakultas DKV, Bang Dul demikian panggilannya, mengajar sejumlah mata kuliah diantaranya videografi, sinematografi dan penulisan skenario.
Edi Purwantoro, Drs, M.Ds, adalah dosen senior di Fakultas DKV Widyatama, yang memiliki segudang pengalaman sebagai praktisi profesional di bidang Desain Grafis dan Animasi , dengan sederet pengalaman bekerja sebagai Art Director, Creative Director, Animator di berbagai proyek dan pekerjaan sejak tahun 1987. Latarbelakang pendidikannya diperoleh dari S-1 Fakultas Desain dan Seni Rupa ITB jurusan Desain Komunikasi Visual, dan gelar magister dari Program Pasca Sarjana Fakultas Desan & Seni Rupa ITB jurusan desain. Di Fakultas DKV Widyatama, pria kelahiran tahun 1964 yang biasa dipanggil Pak Edi ini, mengajar di semua prodi yaitu Desain Grafis, Multimedia dan Film & TV.