Home » Program MBKM

Program MBKM

PROGRAM MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA (MBKM) – Program persiapan karier yang komprehensif guna mempersiapkan generasi terbaik Indonesia.

Kampus Merdeka merupakan bagian dari kebijakan Merdeka Belajar oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia yang memberikan kesempaatan bagi mahasiswa/i untuk mengasah kemampuan sesuai bakat dan minat dengan terjun langsung ke dunia kerja sebagai persiapan karier masa depan.

Apa Itu MBKM?

Program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka adalah program yang dicanangkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang bertujuan mendorong mahasiswa untu menguasai berbagai keilmuan untuk bekal memasuki dunia kerja. Melalui kebijakan ini, Kampus Merdeka memberikan kesempatan kepada mahasiswa memilih mata kuliah yang akan mereka ambil. Mahasiswa diberikan kesempatan untuk mengambil mata kuliah di luar program studi pada perguruan tinggi yang sama; mengambil mata kuliah pada program studi yang sama di perguruan tinggi yang berbeda; mengambil mata kuliah pada program studi yang berbeda di perguruan tinggi yang berbeda; dan/atau pembelajaran di luar perguruan tinggi.

Apa saja bentuk kegiatan pembelajarannya?

Bentuk kegiatan pembelajaran sesuai dengan Permendikbud No 3 Tahun 2020 Pasal 15 ayat 1 dapat dilakukan di dalam Program Studi dan di luar Program Studi meliputi:

Pada prinsipnya Program MBKM merupakan program Kemendikbud RI yang memberikan kesempatan pada mahasiswa untuk berkegiatan di luar kampus selama 3 semester dengan rekognisi jumlah sks hingga 40 sks dengan 9 kegiatan yang dapat diikuti mahasiswa sebagaimana digambarkan pada ilustrasi visual di atas.

Prodi FTV FISIP Widyatama juga memberlakukan program MBKM dengan 2 opsi yaitu 1) Mengikuti MBKM yang diselenggarakan Kemendikbudristek RI, dan 2) Menyelenggarakan secara mandiri baik yang diselenggarakan Universitas maupun Prodi. Secara khusus, Prodi FTV telah menetapkan mengakomodir implementasi MBKM pada struktur kurikulum dengan skema sbb :

  1. MBKM Pilihan yang diterapkan pada Semester VI dengan rekognisi sebanyak 21 SKS pada 7 mata kuliah dengan skema penguatan Soft Skill atau Keterampilan Halus seperti Kepemimpinan, Kolaborasi, Komunikasi, Sikap Profesional dan Sikap Humanis serta Entreprenuership atau jiwa kewirusahaan.
  2. MBKM Wajib yang diterapkan  pada semester VII dengan rekognisi sebanyak 12 SKS pada 4 mata kuliah yaitu 1) Seminar, 2) Proyek FTV Magang, 3) {Proyek FTV Studi Independen dan 4) Proyek FTV Kemanusiaan. Pada prinsipnya mahasiswa semester VII wajib menjalankan MBKM dengan pilihan melakukan 7 kegiatan MBKM sebagaimana diamanatkan Kemendikbudristek, namun dengan penamaaan pada 4 mata kuliah semester VII di atas.

Kegiatan MBKM yang telah dilaksanakan Prodi FTV :

  1. Mahasiswa mengikuti Kegiatan Kerja Profesional dalam Proyek Pembuatan Webseries Komedi untuk Perusahaan Air Minum Kota Bogor PDAM Tirta Pakuan pada Agustus 2021
  2. Mahasiswa mengikuti kegiatan Kampus Mengajar di Kabupaten Pangandaran Jawa Barat selama 4 bulan pada semester ganjil Tahun Akademik 2022 – 2023