Home » Profil Singkat

Profil Singkat

LOGO PRODI FTV

Logo Prodi FTV tercipta pada tahun 2021 hasil karya mahasiswa Prodi FTV, yang merupakan gabungan 5 visual yaitu : 1) wajah manusia yang menyimbolkan civitas akademika Prodi FTV, 2) Pena yang menggambarkan status mahasiswa dan dosen, 3) Clapperboard  yang menggambarkan alat untuk memandu pembuatan film dan televisi serta 4) Roll Film Strip yang menggambarkan ilmu perfilman dan pertelevisian, serta 5) teks bertuliskan Prodi Produksi Film & Televisi sebagai identitas Prodi D4 Produksi Film & Televisi Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Poitik Universitas Widyatama.

SEJARAH 

Program Studi D4 Produksi Film dan Televisi (Prodi FTV) Universitas Widyatama berdiri tahun 2020, di bawah naungan Fakultas Desain Komunikasi Visual (DKV). Pada Tahun 2021 berdasarkan SK Rektor Universitas WIdyatama Prodi FTV dialinaungkan di bawah Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik. Meski masih berusia belia, tidak menyurutkan semangat pengelola Prodi bersama mahasiswa angkatan pertama untuk menorehkan prestasi

VISI :

Menjadi program studi unggul dalam bidang ilmu perfilman, pertelevisian dan media digital yang berbasis social-politic entrepreneurship & humanity dari penguatan riset,  sehingga menjadi prodi berdaya saing nasional dan diakui di level ASEAN tahun 2028.

MISI :

  1. Melaksanakan tri dharma perguruan tinggi dengan fokus pada bidang ilmu perfilman, pertelevisian dan media digital yang mampu memenuhi kebutuhan dunia usaha, industri, dan masyarakat.
  2. Mewujudkan lingkungan belajar, mengajar, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat yang kondusif, efisien, dan efektif pada bidang ilmu perfilman, pertelevisian dan media digital, sehingga dapat menghasilkan lulusan yang kreatif, inovatif, humanis, social-politik entrepreneurship serta menguasai teknologi.
  3. Menyelenggarakan kegiatan akademis dalam bidang ilmu perfilman, pertelevisian dan media digital yang relevan dalam pembentukan manusia yang berbudi luhur, berkarakter humanis, social-politik dan entrepreneurship.
  4. Berkolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan di dunia usaha dan industri bidang perfilman, pertelevisian dan media digital baik dalam maupun luar negeri untuk terwujudnya kegiatan tri dharma perguruan tinggi yang bermanfaat.

TUJUAN :

  1. Menghasilkan sumber daya manusia yang professional di bidang ilmu perfilman, pertelevisian dan media digital dengan merujuk pada pemetaan kompetensi pada SKKNI bidang perfilman dan pertelevisian yang berbudi luhur, berkarakter humanis, social-politic entrepreneurship, menguasai teknologi dan berdaya saing nasional serta diakui di level ASEAN.
  2. Mewujudkan tata kelola program studi secara professional, efektif, dan efisien demi tercapainya kepercayaan dari seluruh pemangku kepentingan.
  3. Menghasilkan dan meningkatkan kualitas karya pembelajaran, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat di bidang ilmu perfilman, pertelevisian dan media digital yang bermakna serta bermanfaat bagi masyarakat.
  4. Terwujudnya kolaborasi yang bermanfaat dengan berbagai pemangku kepentingan kepentingan di dunia usaha dan industri bidang perfilman, pertelevisian dan media digital baik dalam maupun luar negeri untuk terwujudnya kegiatan tri dharma perguruan tinggi.

PROFIL LULUSAN :

Profil lulusan Prodi Produksi Film dan Televisi :

  1. Mampu mengaplikasikan konsep manajemen dan perancangan produksi film, televisi, dan media digital secara terampil & professional serta beretika berpedoman pada SKKNI.
  2. Mampu mengaplikasikan konsep penulisan naskah film, televisi, dan media digital secara terampil & professional serta beretika berpedoman pada SKKNI.
  3. Mampu mengaplikasikan konsep penyutradaraan film, televisi, dan media digital secara terampil & professional serta beretika berpedoman pada SKKNI.
  4. Mampu mengaplikasikan konsep penataan visual film, televisi, dan media digital secara terampil & professional serta beretika berpedoman pada SKKNI.
  5. Mampu mengaplikasikan konsep penataan suara film, televisi, dan media digital secara terampil & professional serta beretika berpedoman pada SKKNI.
  6. Mampu mengaplikasikan konsep penyuntingan film, televisi, dan media digital secara terampil & professional serta beretika berpedoman pada SKKNI.
  7. Mampu menjadi Enterpreneur di bidang produksi film, televisi dan media digital