Implementasi Kampus Merdeka, Prodi FTV Widyatama Luncurkan Program Ekstra Kurikuler FTV Channel

BANDUNG, PRODI FTV WIDYATAMA.AC.ID – Halo sahabat FTV, Sabtu kemarin (29/5) Prodi Film dan Televisi (FTV) FISIP Universitas Widyatama, secara resmi luncurkan program esktra kurikuler FTV Channel Widyatama, yaitu program mengelola dan memproduksi konten media digital seperti web portal, program tv dan konten film di platform Youtube maupun medis sosial.

FTV Channel Widyatama merupakan aplikasi Kampus Merdeka, dimana mahasiswa peserta akan menjalankan sebuah proses belajar mengelola manajemen media digital yang di dalamnya terdapat tiga kegiatan yaitu pengelolaan portal informasi, pengelolaan program TV dan Film di Youtube. Program FTV Channel ini akan bergulir dengan pola kepesertaan minimal satu tahun, dan kemudian akan berganti dengan peserta lainnya di tahun berikutnya. Acara yang berlangsung selama sehari tersebut dibuka oleh Kaprodi FTV Budiman, Drs, M.Mpd, yang berpesan, agar mahasiswa peserta program FTV Channel ini, mengikuti dengan tekun dan dapat membagi waktu dengan baik agar perkuliahan tetap diikuti.

Peserta FTV Channel sedang menyimak pelatihan menulis artikel populer (29/5)

Dalam sambutannya, Dekan DKV Deden Maulana Drs, M.Ds, menyampaikan pesan, FTV Channel Widyatama merupakan program yang bermanfaat bagi mahasiswa untuk meningkatkan kapasitas diri, keterampilan dan sekaligus dapat menjadi porofolio. Karena menurut Deden, di era seperti sekarang ini, portofolio menjadi aset yang penting untuk menghadapi dunia kerja.

Total peserta program FTV Channel Widyatama berjumlah 23 orang, yang terdiri atas 18 mahasiswa dari prodi FTV, dua mahasiswa Prodi Perpustakaan dan Sains Informasi, dua orang dari Prodi Desain Grafis DKV dan satu orang dari Prodi Manajemen Ekonomi. “Aku ikutan FTV Channel karena nambah pengalaman dan ngisi waktu luang juga dengan kegiatan-kegiatan yang menambah wawasan”, ujar Simphony mahasiswa prodi FTV. Adapun Meisya dan Halialtul dari prodi Perpustakaan dan Sains Informasi mengemukakan bahwa mereka tertarik mengikuti program FTV Channel karena untuk menambah wawasan dan pengalaman.

Dalam sambutan penutup, Dekan FISIP Widyatama Dr. Soni A. Nulhaqim, S.Sos., M.Si, berpesan agar keikutsertaan dalam program seperti FTV Channel Widyatama menjadi sarana kegiatan yang positif untuk mengembangkan jejaring, menimba pengalaman dalam memproduksi berbagai konten digital, TV maupun film.

Pada acara peluncuran program FTV Channel, peserta mendapatkan pelatihan mengelola portal informasi FTV Channel dan teknik penulisan artikel populer yang disampaikan dosen FTV Kenmada Widjajanto, S.Sos.M.Ikom. Selain itu, pada kesempatan tersebut, dilakukan pembentukan organisasi atau manajemen FTV Channel dengan terpilih sebagai manajer pertamanya yaitu mahasiswa prodi FTV Soerachman Dwiwaloejo. Soerachman akan bertugas sebagai pimpinan dalam organizing committee FTV Channel Widyatama yang selanjutnya dibantu perangkat lainnya yang ditetap sebagaimana sebuah manajemen media. Sesuai dengan amanatnya, tim manajemen FTV Channel Widyatama akan segera bekerja merancang berbagai agenda kegiatan untuk menghidupkan semua platform media yang dikelolanya. Selamat bertugas dan berkarya untuk Tim FTV Channel Widyatama. ***KW