50 Tahun Yayasan Widyatama

Isi Peringatan 50 Tahun Yayasan Widyatama, Prodi FTV Tayangkan Film Dokumenter Perjalanan 50 Tahun Yayasan Widyatama

BANDUNG, PRODI.FTV.WIDYATAMA.AC.ID – Halo sahabat FTV. Yayasan Widyatama yang menaungi Universitas Widyatama pada Selasa (3/1/2023) merayakan peringatan 50 Tahun Yayasan Widyatama, yang berlangsung secara meriah di Aula GSG Universitas Widyatama. Acara tersebut dihadiri berbagai kalangan kolega Yayasan Widyatama, mulai dari para pejabat rektorat periode sebelumnya, dosen maupun pegawai serta kolega sejumlah undangan mewakili LLDIKTI 4 Jawa Barat dan sejumlah undangan lainnya.

Pada perhelatan 50 Tahun Yayasan Widyatama tersebut, Prodi FTV berkontribusi memproduksi sebuah film dokumenter dengan judul “Perjalanan 50 Tahun Yayasan Widyatama”, yang ditayangkan  pada awal acara. Film dokumenter tersebut menampilkan testimoni para pelaku sejarah pendirian Yayasan Widyatama yang awalnya bernama Yayasan Pengajaran & Pendidikan Akuntansi Bandung atau YPPAB. Yayasan tersebut didirikan pada 3 Januari 1973 oleh almarhumah Prof. Dr. Koesbandijah Abdoel Kadir, seorang akuntan wanita pertama di Indonesia yang menetap di Bandung. Di awal film dokumenter, kisah pendirian YPPAB dikisahkan Setiasih Budiowati, putri almarhumah Ibu Koes, yang mengatakan bahwa keinginan ibundanya mendirikan sekolah akuntansi didasarkan pada informasi surat kabar yang mengatakan Indonesia membutuhkan 10 ribu akuntan. Kisah penndirian YPPAB juga diperkuat dengan testimoni Marcus Kasirin, kolega almarhumah Prof. Koesbandijah yang mengisahkan pendirian yayasan dilakukan dua orang yaitu Prof. Koesbandijah dan Tanadi. Namun ungkap Marcus, perjalanan menjalankan yayasan tinggal Ibu Koesbandijah seorang diri, menyusul wafatnya Tanadi.

Pada film dokumenter tersebut juga ditampilkan testimoni sejumlah pelaku sejarah pendirian Universitas Widyatama yang awalnya bernama Institut Akuntansi Bandung (AIB) yang kampusnya berada di gedung Panti Karya Jalan Merdeka Bandung diantaranya, diiantaranya adalah  Dr. Elisabeth Koes Soedijati.,M.Si yang juga adik bungsi almarhumah Prof. Koesbandijah, Dr. Wien Dyahrini.,SE.,M.Si.,MSIE yang merupakan dosen tetap pertama di Akademi Akuntansi Bandung (AIB) adan Dr. Veronica Christina.,M.Si.,Ak.,CA  menampilkan

Film dokumenter 50 Tahun Yayasan Widyatama selanjutnya menampilkan sederet tokoh pelaku sejarah, diantaranya Dr. Mame S. Sutoko., ST., Rektor Widyatama periode 2001 – 2003, Dr. Islahuzzaman.,SE.,M.Si.,Ak.Ca yang pernah menjabat rektor Widyatama periode 2014 – 2018 dan Prof. Dr. Ir. Kadarsah Suryadi.,DEA,  yang pernah menjabat Wakil Rektor Widyatama periode 2011 – 2007.

Pada fim dokumenter tersebut, juga ditampilkan testimoni dan harapan Ketua Pengurus Yayasan Widyatama Roeshartono.,ST.,MCEM.,MBA dan Ketua Pembina Yayasan Widyatama Sri Juniati Roespinoedji.,SE.,MBA, serta diperkuat dengan rekaman pesan almarhumah Prof. Koesbandijah Abdoel Kadir bahwa civitas akademika Widyatama harus kompak untuk menjadikan Widyatama sebagai kampus yang terbaik.

Pada bagian penutup, film dokumenter  menampilkan sederet ucapan selamat mulai dari pejabat Rektor Widyatama periode sekarang yaitu Prof. Dr. Dadang Suganda.,M.Hum hingga wakil rektor, para dekan dan kaprodi serta civitas akademika Universitas Widyatama.

Tayangan film dokumenter 50 tahun Yayasan Widyatama mendapat respon positif dari berbagai kalangan yang menghadiri perhelatan peringatan 50 Tahun Yayasan Widyatama Selasa (3/1/2023). Dikisahkan Kaprodi FTV Kenmada Widjajanto., pembuatan film dokumenter 50 tahun Yayasan Widyatama merupakan pekerjaan kolaborasi antara dosen dan mahasiswa FTV yang diproduksi pada bulan Desember 2022.   Film dokumenter tersebut ungkap Kenmada, diproduksi dalam waktu relatif singkat disela-sela pekerjaan dan tugas yang padat sebagai Kaprodi. Harapannya lanjut Kenmada, film tersebut dapat diterima sebagai karya civitas Prodi FTV dan sebagai alat pembelajaran bagi mahasiswa .***Redaksi FTV