Film Pendek mahasiswa FTV Widyatama raih best commercial di ISFF 2022

Kembali Raih Prestasi, Film Pendek Mahasiswa Prodi FTV Widyatama Peroleh Kategori Best Commercial di ISFF 2022

BANDUNG, PRODI.FTV.WIDYATAMA.AC.ID – Halo Sahabat FTV dimana pun berada. Mahasiswa Prodi FTV FISIP Widyatama lagi-lagi menoreh prestasi yang membanggakan. Film pendek karya mahasiswa Prodi FTV berjudul “Wejangan Rampok” berhasil meraih kategori Best Commercial dalam Festival Film Pendek Indodax 2022 atau ISFF 2022, yang pengumumannya disampaikan pada Kamis malam 17 November 2022 melalui siaran langsung di Youtube. “Best Commercial” merupakan satu dari tujuh kategori yang dilombakan dalam Festival Film Pendek Indodax 2022, dengan hadiah senilai 10 juta rupiah.

Pada perhelatan ke-4 ini, Indodax menghadirkan tiga juri dari kalangan profesional industri film yaitu produser film Mira Lesmana,  komedian dan sutradara Ernest Perkasa dan Anjas Maradita selaku Content Editor  yang tahun lalu juga hadir sebagai juri. Juri terakhir adalah Dian Rintari yang merupakan perwakilan manajemen Indodax.

Film “Wejangan Rampok” merupakan film pendek karya mahasiswa Prodi FTV FISIP WIdyatama yang diproduksi dengan menggunakan nama Merekah Asa Sinema, dimana tim produksinya merupakan gabungan mahasiswa angkatan 2020 dan 2021, yang disutradari oleh Muhammad Thoriqul Ihsan dan Produser Bowo Andrean, yang mana kedua-duanya adalah mahasiwa semester lima. Film “Wejangan Rampok” merupakan film bergenre komedi yang menceritakan tentang  tiga orang perampok yang humoris mencoba merampok sekelompok mahasiswa yang sedang bersuka ria merayakan pesta kelulusan. Aksi ketiga perampok berhasil digagalkan seorang mahasiswa berkepala pelontos. Pemeran utama film “Wejangan Rampok” yaitu tuan rampok yang kocak dimainkan oleh seniman kota Bandung Kudrat Firmansyah, yang selama ini dikenal sebagai komedian dalam serial lokal tv “Cangehgarrr” yang tayang setiap hari di siaran lokal stasiun televisi ANTV kota Bandung.  Mersepon keberhasilan film “Wejangan Rampok”, kang Kudrat demikian panggilan akrabnya, menyampaikan selamat kepada tim produksi dan mengaku merasa senang ikut terlibat dalam produksi film mahasiswa tersebut. Film “Wejangan Rampok” sendiri melibatkan pemaran yang cukup banyak dari kalangan mahasiswa prodi FTV maupun prodi lainnya di Universitas Widyatama.

Keberhasilan film karya mahasiswa Prodi FTV, mendapat sambutan dari civitas akademika Universitas Widyatama. Ucapan selamat disampaikan mulai dari Rektor Widyatama Prof. Dr. H. Dadang Suganda, M.Hum, para pimpinan rektorat, para dekan dan segenap civitas akademika Universitas Widyatama, termasuk Dekan FISIP Widyatama Dr. Soni A. Nulhaqim,S.Sos.,M.Si, yang mengemukakan bahwa keberhasilan mahasiswa Prodi FTV menjadi berkah bagi civitas akademika Universitas Widyatama.

Keikutsertaan dalam Festival Film Indodax, merupakan yang kedua kalinya bagi mahasiswa Prodi FTV Widyatama. Setahun sebelumnya, tim yang sama juga berhasil meraih prestasi dalam kategori “Best Screenplay” atau Skenario Terbaik. Kaprodi FTV Widyatama Kenmada Widjajanto, S.Sos.,M.Ikom mengemukakan rasa bangga dan bahagia atas keberhasilan mahasiswa Prodi FTV memenangkan salah satu kategori film pendek dalam ISFF 2022, dalam akun IG dan Facebook-nya, yang mendapat respon positif dari sejumlah kolega pada kolom komentar.  Kenmada berharap keberhasilan mahasiswa angkatan 2020 dan 2021 menjadi inspirasi bagi mahasiswa lainnya untuk berani mengikuti berbagai lomba film yang banyak diselenggarakan berbagai pihak. Dengan mengikuti lomba, lanjut Kenmada, mahasiswa mengasah keterampilan dan kompetensi dalam memproduksi film, sekaligus menjadi media portofolio karya yang berguna di masa depannya.  *** Redaksi FTV